Selasa, 24 April 2012

PROFIL UDAYANA MOOT COURT COMMUNITY; ‘RUMAH KECIL’ DARI BALI UNTUK INDONESIA

Bukan hanya sebuah Komunitas Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Udayana di bidang praktek ketrampilan kemahiran hukum dan berorganisasi, tetapi juga sebuah rumah bagi penegak hukum masa depan.

Sebuah Komunitas Peradilan Semu bernama Udayana Moot Court Community (UMCC) terbentuk pada tahun 2007 yang diprakasai oleh Wahyudi, Gung Dian dan Kisnu. Namun, UMCC disahkan sebagai organisasi mahasiswa pada 1 November 2009. UMCC beranggotakan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Udayana baik reguler maupun non reguler yang ingin mempelajari bidang hukum acara lebih mendalam sekaligus berorganisasi. Sebelum resmi terbentuk hingga saat ini, UMCC telah mengikuti berbagai macam Kompetisi peradilan semu di tingkat nasional, dan terdapat beberapa prestasi yang sudah diraih antara lain:

·         Juara II Kompetisi Peradilan Semu Niaga Tingkat Nasional Piala A.G Pringodigdo I Fakultas Hukum Universitas Airlangga
·         Juara IV Kompetisi Peradilan Semu ALSA (Asian Law Student’s Associations) Chapter Indonesia 2009
·         Juara III Kompetisi Peradilan Semu Niaga Tingkat Nasional Piala A.G Pringgodigdo II Fakultas Hukum Universitas Airlangga
·         Peserta Kompetisi Peradilan Semu Pidana Tingkat Nasional Piala Mutiara Djoko Soetono 2010.
·         Peserta Peradilan Semu ALSA (Asian Law Student’s Associations) Chapter Indonesia 2011. (Mendapat gelar Panitera Terbaik)
·         Juara III Kompetisi Peradilan Semu Piala Prof. Soedarto III Fakultas Hukum Universitas Diponegoro
·         Juara III Kompetisi Peradilan Semu Niaga Tingkat Nasional Piala A.G Pringgodigdo III Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

UMCC bukan sekadar kumpulan mahasiswa yang ingin memuaskan dirinya dengan ilmu pengetahuan dan digunakan untuk kesenangan sendiri, melainkan juga belajar banyak hal dalam berorganisasi. Untuk menyelaraskan kedua hal tersebut, selain keikutsertaan dalam Kompetisi Peradilan Semu Nasional, UMCC memiliki beberapa agenda kegiatan. Rangkaian Pelatihan Peradilan Semu yang didalamnya terdapat seminar, pelatihan dan Kompetisi Peradilan Semu Internal kemudian Bakti Sosial UMCC Care, Penggalian dana kreatif dengan mengadakan Bazzar hingga event akbar UMCC yang diadakan 2 tahun sekali, Kompetisi Peradilan Semu Pidana Piala Tjokorda Raka Dherana.

Di masa kepengurusan periode ketiga dengan kepemimpinan Riga Raditya Arnaya, UMCC pada Musyawarah Nasional III Himpunan Komunitas Peradilan Semu Indonesia (HKPSI) yang diselenggarakan oleh Universitas Syiah Kuala di Asrama Haji Banda Aceh, 3-8 Maret 2012. Dengan delegasinya saat itu, I Wayan Alit Sudarsana yang terpilih sebagai Koordinator Pusat HKPSI.  Hal tersebut juga menjadi lecutan semangat untuk selalu berusaha memberikan yang terbaik atas segala bentuk kepercayaan lainnya, baik dalam berkompetisi ataupun penyelenggaraan kegiatan. Selayaknya sebuah rumah, UMCC berusaha menjadi tempat yang nyaman bagi penghuninya untuk belajar dan selalu di rindukan untuk pulang.

Struktur Kepengurusan Udayana Moot Court Community 2011-2012:

Anak Agung Ngurah Riga Raditya Arnaya (Ketua Umum)
Made Adhitya Anggriawan Wisadha (Wakil Ketua Umum)
Ni Putu Candra Dewi (Sekretaris Umum)
Gusti Ayu Cindy Permata Sari (Bendahara Umum)


Ngurah Kukuh Bramanta (Kepala Divisi Litigasi)
I Kadek Apdila Wirawan (Bidang Peradilan Pidana)
Komang Widhi Wahyu Suartini (Bidang Peradilan Perdata)
A.A Wira Permata Sari (Bidang Peradilan Konstitusi)
            Ni Wayan Surya Senimurtikawati (Bidang Peradilan Tata Usaha Negara)


Made Arya Aditya Pramana (Kepala Divisi Pelatihan dan Kaderisasi)
Bellana Saraswati (Bidang Pelatihan Berkas)
I Komang Wijana (Bidang Pelatihan Beracara)
Komang Ayu Lestari (Bidang Kaderisasi)


Ni Luh Putu Juliani Dewi Gangga (Kepala Divisi Hubungan Organisasi Internal dan Eksternal)
Aldo Robedo Parulian Samosir (Bidang Hubungan Organisasi Eksternal)
I Gusti Agung Ayu Dewi Satyawati (Bidang Hubungan Organisasi Internal)

facebook: Umcc Fh Unud
twitter: @UDAYANAMCC
-          Ni Putu Candra Dewi.

0 komentar:

Posting Komentar