Sabtu, 24 Maret 2012

Profil KPS UNAIR


Profil Komunitas Peradilan Semu
Fakultas Hukum Universitas Airlangga

Komunitas Peradilan Semu (KPS) Fakultas Hukum Unair berdiri pada tahun 2010 sebagai sebuah Badan Semi Otonom (BSO) yang bernaung di bawah Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Unair yang kala itu dipimpin oleh Boma Indra Prabowo dan Demy Susilo. Didirikan pasca keikutsertaan dalam MCC di Universitas Islam Indonesia, KPS FH Unair terus berkembang hingga menginjak pada periode kepengurusan ketiga ini. Semenjak berdirinya, KPS FH Unair telah berganti kepengurusan sebanyak tiga kali. Periode pertama di jalankan oleh Yudhi Pratama, mahasiswa angkatan 2007, kemudian dilanjutkan oleh Choiruddin, angkatan 2008, dan kini oleh Made Bhasudewa, angkatan 2010.

KPS FH Unair sebagai sebuah Badan Semi Otonom merupakan suatu organisasi kemahasiswaan yang memiliki focus di bidang peradilan semu, sehingga, dalam berjalannya roda organisasi, diselaraskan dengan visi pengembangan serta peningkatan kualitas sumber daya mahasiswa dalam ranah implementasi teori hukum, terutamanya dalam hal peradilan. Dengan perspektif tersebut, KPS FH Unair menjalankan berbagai kegiatan-kegiatan yang dimaksimalkan agar dapat mengakomodir segenap civitas akademika FH Unair.

Tidak hanya bergerak di lingkungan internal kampus, KPS FH Unair pun turut serta berpartisipasi dalam pengembangan kualitas mahasiswa fakultas hukum se-Indonesia dengan turut menjadi anggota dari Himpunan Komunitas Peradilan Semu Indonesia (HKPSI). Bahkan, selama keikutsertaanya dalam keanggotaan HKPSI, KPS FH Unair kerap dipercaya memegang peranan sentral dalam kepengurusan pusat. Yakni pernah dipercaya menjadi Koordinator Pusat, Bendahara serta menjadi Humas HKPSI. Kepercayaan ini diharapkan dapat menjadi cambuk agar kedepannya, KPS FH Unair tidak hanya berkontribusi bagi lingkungan kampus semata, namun juga bagi pengembangan peradilan semu di seantero Indonesia.

Witing tresno jalaran soko kulino
Begitulah kira-kira ungkapan yang tepat jika kita mengandaikan bagaimana suatu perkenalan dan pemahaman yang imparsial dapat menumbuhkan rasa saling memiliki yang kuat. Tak elok rasanya jika kita tidak mengetahui secara mendalam mengenai organisasi ini.






Makna Lambang



Lambang KPS FH Unair terdiri dari :
1.      Dewi Iustitia. melambangkan suatu keadilan yang sejati, yakni tidak pandang bulu dalam menegakkan suatu keadilan. Suatu cita-cita luhur yang berupaya untuk ditanamkan dalam sanubari setiap insan negeri ini.
2.      Pedang Dewi Iustitia. Melambangkan suatu daya pikir yang kritis sebagai sebuah senjata dalam menegakkan keadilan.
3.      Timbangan Dewi Iustitia. Melambangkan  suatu konsep keadilan yang tertanam dalam jiwa segenap anggota KPS.
4.      Kapas. Melambangkan suatu kesejahteraan bagi seluruh anggota KPS.
5.      Perisai. Melambangkan suatu kesatuan seluruh anggota KPS.
6.      Warna Merah Putih. Melambangkan karakter segenap anggota KPS yang cinta terhadap tanah air Indonesia.
7.      Fakultas Hukum. Melambangkan kedudukan KPS yang bernaung di lingkup Fakultas Hukum Universitas Airlangga.













STRUKTUR KEPENGURUSAN KPS FH UNAIR


0 komentar:

Posting Komentar